BeritaUnggulan

Lajnah Falakiah Sidogiri, Pengajaran Menentukan Arah Kiblat Lewat Bencret

Antusias para anggota LFS mempelajari bencret bersama pembina

Lembaga Falakiyah Sidogiri (LFS) mengadakan pembekalan kiat pengoperasian bencret untuk para anggota senior. Bencret sendiri merupakan alat untuk mengetahui kiblat, di samping juga mengetahui masuknya waktu Salat Zuhur. Gus Ahmad Tholhah Ma’ruf membimbing cara menggunakan alat tersebut di halaman gedung Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri, Senin (10/01), supaya anggota senior bisa mengetahui cara menggunakan alat bencret ini.

Gus Tholhah memberi arahan para anggota senior LFS cara menggunakan bencret

Berawal dari permintaan Pengurus LFS  yang diamini Gus Tholhah, akhirnya permintaan ini sukses terealisasi.

Usai pelatihan ini, beberapa anggota senior diminta Mas Dwy Sadoellah mengukur arah kiblat di balkon kantor sekretariat lt. II. Rencananya, beberapa daerah di Sidogiri juga akan dibuatkan arah kiblat, di samping memang ada permintaan dari beberapa pengurus daerah.

Para anggota yang sudah dapat mengoperasikan bencret juga berencana mengajari para anggota juniornya. “Inginnya, para anggota senior ini yang membimbing para junior untuk juga bisa mengoperasikan alat ini,” ujar Ali Ridho, Ketua LFS.

Pembekalan ini bertempat di utara kantor Sekretariat

Sebelumnya, para anggota sudah dibekali cara mengetahui kiblat dengan menggunakan rubu’. Kebelakangannya, direncanakan menggunakan aplikasi khusus.

Harapan dari pembekalan ini ialah teman-teman LFS bisa paham mengoperasikan alat-alat falak. Pembekalan mendapat respons positif dari para anggota lain. “Bahagia karena bisa ikut kursus ini,” ujar salah satu anggota.

Antusias para anggota LFS mempelajari bencret bersama pembina

Penulis: Iwanulkhoir

Editor: Nur Hudarrohman

Shares:
Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *