BPP Targetkan Empat Buku Selesai Pekan Ini

share to

Bayangkan, bila pemula bisa membuat buku dalam sebulan. Bagi BPP, hal itu tidak mustahil!

Laporan: Muhammad ibnu Romli

Bulan lalu, sesuai intruksi dari Badan Pers Pesantren (BPP), masing-masing pemimpin redaksi media mengirimkan dua redaksi untuk masuk ke dalam tim pembuatan buku yang sudah di konsep oleh pengurus BPP.

“Biasanya, kami hanya menyelenggarakan pelatihan pembuatan buku. Hnaya sekadar teori, yang belum tentu dipraktikkan. Tahun ini, kami mencoba agar para penulis belajar membuat buku dengan cara praktik secara langsung,” terang N. Shalihi Damiri, Wakil II BPP.

Bekal dalam penulisan buku.

Sebagai bekal dalam penulisan dan proses editing, pengurus BPP membuat Buku Pedoman Kepenulisan yang dibagikan kepada seluruh awak media.

Yang palik unik dalam kegiatan ini ialah, sistem pengarapannya yang diatur secara berkelompok. Dibagi menjadi empat kelompok, dengan tema buku yang berbeda. Mulai dari Jurnalistik dan Kepenulisan, Nilai-nlai Kepesantrenan, Keremajaan, dan Islamisasi Ilmu. Keempat tema itulah yang targetnya diselesaikan pekan ini juga.

“Untuk tim kami sendiri sudah berjalan mulus. Buku ini kami beri judul Etika Jurnalis Bersarung. Membahas seputar penyebaran berita yang baik dan benar menurut agama Islam. Buku dengan pembahasan semacam ini perlu dimiliki oleh seorang jurnalis. Apalagi sekarang maraknya media sosial, yang menjadikan siapa pun menjadi jurnalis di akunnya masing-masing,” terang ketua kelompok pembuatan buku bertemakan jurnalistik ini.

share to

Miromly Attakriny : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *