Diskusi Panel LPSI Angkat Tema Corona

share to

Selasa (13/10) malam, Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) Kuliyah Syariah mengadakan diskusi panel di Auditorium Sekretariat lantai II. Acara yang menjadi penutupan kegiatan LPSI semester ganjil ini dihadiri seluruh anggota halakah tujuh Forum Kajian (FK) yang ada bawah naungan LPSI.

Sebelum acara evaluasi dimulai, Ust Saiful Furqan, Naib III Kuliyah Syariah, memberi sambutan atas nama pengurus. Setelahnya, moderator acara, Zainul Arifin membacakan teknis presentasi pada segenap hadirin.

Diskusi panel kali ini mengangkat tema “Pernak-Pernik Coronavirus“. Sebanyak 14 presentator dari masing-masing FK, baik senior maupun junior, tampil mempresentasikan hasil kajian halakahnya di depan juri. Adalah Ust Masyhuri Mochtar, Kepala Perpustakaan Sidogiri, dan Ust Khatibul Umam, Staf Pengajar MMU Aliyah, hadir sebagai evaluator.

FK Tafsir mempresentasikan hasil kajian dalam artikel berjudul “Benarkah Korona Adalah Azab?” FK Hadis membahas hasil diskusinya dalam sebuah artikel bertajuk “Benarkah Korona Adalah Thaun?” Sementara itu, kisah Sayyidina Umar RA dalam menyikapi wabah Emmaus dari segi history menjadi fokus kajian FK Sejarah, sedangkan FK Ushul Fikih menelaahnya dari segi maslahah. Pun, FK Kaidah Fikih menelitinya dari segi tasharruf imam.

FK Tasawuf menyajikan analisanya tentang sikap tawakal sebenarnya dalam menyikapi wabah seperti saat ini. Lain Tasawuf, lain Muamalah, FK yang dibimbing oleh KH Muhibbul Aman Ali ini menyoroti tenaga medis yang melakukan swab test secara pada pada masyarakat.

Acara penutupan yang berdurasi hampir tiga jam ini akhirnya selesai pada pukul 11:35 istiwa malam.

Penulis: Muhammad Ilyas

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *