Adakan Pelatihan Medsos dan Web, BPP Undang Pakar Internet Indonesia

share to
Ketika Acara Sedang Berlangsung

Badan Pers Pesantren (BPP) Pondok Pesantren Sidogiri mengadakan acara pelatihan untuk semua admin media sosial dan redaksi website Pondok Pesantren Sidogiri, dengan tema ”Penulisan Konten dan Pengelolaan Media Sosial dan Situs Website”. Acara ini bertempat di Ruang Auditorium Kantor Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri.

Pelatihan semester pertama ini, digelar secara virtual dengan mengundang Ivan Lanin, Seorang Pakar Internet Indonesia dari Jakarta. Cara virtual dilakukan karena kondisi pandemi yang belum selesai.

Pada kesempatan kali ini, beliau berbicara tentang cara pembuatan konten dan pengelolaan media sosial dan situs web. Menurutnya, sebelum menulis konten dan mengelola media sosial kita harus tahu dulu platform yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini nantinya akan mempermudah pemilihan platfrom. “Kita harus tahu betul sebelum mengelola media sosial, medsos apa yang paling banyak digandrungi orang,” kata pendiri Wikimedia ini. “Setelah itu kita pilih konten yang bersifat edukatif atau informatif,” imbuhnya.

Ivan sangat menekankan pentingnya memiliki situs website bagi platfrom yang dimiliki pengelola. “Situs web merupakan titik sentral, karena web bagai rumah bagi pengelola, semuanya bisa kita atur sendiri di sini.”

Selanjutnya, Ivan juga melihat dan mengevaluasi seluruh media sosial dan website milik Sidogiri. Ia sangat mengapresiasi baik pada semua situs dan medsos milik Sidogiri, “Ini sudah sangat bagus. Jadi, setiap organisasi memiliki akun tersendiri. Ini sangat menguntungkan jika media yang satu dengan yang lain saling mendukung.”

Terakhir beliau berpesan untuk selalu menggunakan bahasa yang baku, karena bahasa menunjukkan kualitas seseorang. “Percuma, orang mempunyai kepintaran tapi tidak bisa mengungkapkan bahasa lewat tulisan atau lisan. Jadi kuasai bahasa, kuasai dunia,” pungkasnya mengakhiri seminar.

Penulis: Muhammaad Noval

Editor: Moh. Kanzul Hikam

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *