Pembukaan MAI Undang Pesantren Luar agar Lebih Bergairah

share to
Salah satu utusan Pondok Pesantren Al_Falah memaparkan argumentasi

Salah satu utusan Pondok Pesantren Al_Falah memaparkan argumentasi

Musyawarah Antar Instansi (MAI) kembali digelar pada malam Jumat (11-09) bertempat di depan kantor Metode Qurani Sidogiri (MQS). Musyawaroh ini sekaligus menjadi tanda akan dimulainya kegiatan serupa yang digelar setiap akhir bulan hijriah.

Peserta Musawarah ini adalah delegasi dari masing-masing intansi yang ada di Pondok Pesantren Sidogiri. Setiap intansi berhak mengirim dua orang delegasi, ditambah perwakilan asrama santri, dan anggota LMF (Lajanah Murajaah Fiqhiyah) serta Kaffah (Kaderisasi Fukohah).

Namun sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya tahun ini pengurus Kuliyah Syariah juga mengundang beberapa pondok pesantren sekitar Pasuruan.

“Khusus untuk pembukaan MAI ini, kami mengudang dari luar (utusan dari pesantren sekitar pasuruan.red) agar para anggota musyawarah lebih menambah ghirah dan dzauq kita dalam musyawarah. Dan nantinya musyawirin lebih bergairah dalam menggapi setiap soal dan jawaban yang dibahas, ” ungkap Ust. Khulaifi ketua MAI dalam sambutannya.

Pria asal bangkalan ini juga menyinggung geliat musyawaroh yang ada musyawarah yang ada di Pesantren-Pesantren Lirboyo dan Sarang. Menurutnya Pondok Pesantren Sidogiri berada di tingkatan nomor dua setelah Lirboyo. Maka dari itu beliua menghimbau sengenap santri agar terus semangat dalam bermusyawaroh.“Karena musyawarah adalah warisan pesantren yang harus kita jaga dan kita lestarikan.” harapnya terhadap para musyawirin.

MAI perdana kali ini dimoderari oleh Ust. Tomi Hermanto, Angota Lamsoma. Sementara yang bertindak sebagai mushahih adalah Ust. Musafak Bisri dan Ust. Sholeh Romli. Keduanya adalah guru senior Pondok Pesantren Sidogiri.

===

Penulis : M. Khulaifi
Ediotr  : Muh.Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *