Ust. Nahdlor Tsanai; Jangan Sombong Karena Ilmu yang Dimiliki

share to

Ust. H. Nahdlor Tsanai Ketika Menyampaikan Motivasinya

Sabtu (28/10) Madrasah Miftahul Ulum (MMU) Idadiyah kembali menggelar pembagian hadiah kepada segenap jajaran Murid MMU Idadiyah yang berada ditingkat Takhassus. Acara tersebut merupakan acara ke sekian kali sejak bulan Syawal lalu. Bulan ini, Pengurus Idadiyah menghadirkan Ust. H. Nahdhor Tsanai Staf pengajar MMU Aliyah Pondok Pesantren Sidogiri sebagai motivator.

Dalam penyampaiannya, beliau memaparkan tentang akibat seorang murid yang sombong karena ilmu yang dimiliki. Menurutnya, apabila ilmu yang dimiliki menyebabkan dia sombong, sehingga juga sombong terhadap gurunya, maka ketika pulang (boyong) dari Sidogiri ilmu yang didapatkan tidak akan menjadi Haqiqatul ilmi.

“Jangan hanya karena kecerdasan yang kalian miliki, dan membuat kalian menguasai beberapa ilmu, kemudian membuat kalian sombong. Mohon maaf adik-adik, saya ulangi, Iblis itu sangat cerdas, tapi membuatnya semakin jauh dengan Allah,” Ujar beliau.

Beliau juga memberikan tips kepada para Murid MMU Idadiyah, agar tidak menjadi murid yang sombong kepada guru. Beliau menuturkan, seorang murid harus intropeksi, karena dibalik murid yang hebat, di sana ada guru yang hebat pula.

“Kalau menjadi murid dikatakan hebat, berarti gurunya lebih hebat. Murid hebat, karena gurunya yang super hebat,” tutur beliau.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan tiga hal yang menjadi keharusan bagi para pencari ilmu. Pertama, membersihkan diri dari perangai-perangai yang tidak baik. Kedua, Tidak boleh sombong terhadap ilmu sekaligus kepada sang guru. Ketiga, Menyedikitkan diri dari ketergantungan terhadap dunia.

====
Penulis: Ach. Mustaghfiri Soffan
Editor  : N. Shalihin Damiri

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami