Lulus MTQ Jadi Syarat Kenaikan Kelas

share to

Sidogiri.netMadrasah Taklimul Quran (MTQ), membuat kebijakan bahwa lulus pengajian al-Qur’an menjadi syarat kenaikan kelas. Hal ini direalisasikan, karena kualitas mengaji santri mulai menurun.

“Tak sedikit murid yang sudah duduk di bangku Aliyah, kualitas mengajinya masih berada di bawah murid Ibtidaiyah. Berangkat dari ini, peraturan yang sudah lama vakum, kini diberlakukan kembali,” ujar Ust. Minhajul Abidin selaku wakil I MTQ.

Sebenarnya, dulu Sidogiri juga pernah menetapkan lulus ujian al-Qur’an sebagai syarat kenaikan kelas di madrasah, namun peraturan tersebut vakum dan tidak berlaku dalam waktu lama.

“Banyak para Muallim yang mengusulkan agar lulus MTQ menjadi syarat kenaikan kelas, setelah kami usulkan, ternyata Pengurus Harian menyetujuinya,” ungkap Ust. Minhaj, sapaan akrabnya.

Walhasil, pada tahun ini lulus MTQ menjadi persyaratan bagi murid kelas 2 Tsanawiyah untuk bisa naik ke kelas 3 Tsanawiyah. Akan tetapi, tidak hanya cukup sampai di sini, pengurus MTQ masih menyedikan ujian intensif bagi murid kelas 2 Tsanawiyah yang masih duduk di marhalah V ke bawah.

“Bagi teman-teman Tsanawiyah gak usah minder, karena kami masih menyediakan ujian intensif lagi yang, insyaallah, akan dilaksanakan bersamaan dengan ujian MTQ yang lain,” imbuhnya.

Penulis: Ahmad Shafwan Halim/MADINAH

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *