Siapakah Imam Mahdi?

share to

Deskripsi Masalah

Dalam kitab Bughyatul-Musytarsidîn hlm. 296 dijelaskan bahwa Imam Mahdi adalah seorang laki-laki dari keturunan Sayyidah Fatimah radhiyallâhu ‘anhâ. Beliau adalah penyebar keadilan ke segenap penjuru dunia. Menurut as-Suyuthi mengutip dari gurunya al-Iraqi, bahwa al-Mahdi lahir pada tahun 255 H. Dengan demikian pada tahun 958 umur al-Mahdi telah m encapai 703 tahun dan sekarang (1428) berarti sudah 1127 tahun.

Akan tetapi kalau kita tilik lagi pendapat imam as-Suyuthi ini sejalan dengan pendapat Syiah Itsna Asyariah tentang Imam ke-12, yaitu Imam Muhammad bin Hasan al-Askari. Bedanya dari pendangan Syiah, Imam Mahdi lahir pada tahun 256 H, sedangkan Syiah meyakini kegaiban Hasan al-Askari sebagai Imam Mahdi al-Muntadzar.

Pertanyaan

  1. Siapa sebenarnya Imam Mahdi menurut pandangan Ahlusunnah wal Jama’ah ?
  2. Apakah Imam Mandi yang diungkapkan as-Suyuti adalah Imam al-Askari yang diyakini oleh Syi’ah ?

Jawaban

  1. Imam Mahdi adalah lelaki yang namanya sesuai dengan Nabi Muhammad Saw dan nama ayahnya sama dengan nama ayah Nabi Muhammad bin Abdullah. Keadilannya merata keseluruh permukaan bumi. Ia tidak akan wafat hingga menguasai Arab.
  2. Tidak sama karena menurut Ahlusunah wal Jamaah namanya Muhammad bin Abdullah sedangkan menurut Syiah Muhammad bin Hasan al-Askari.

Refrensi: 

(عون المعبود، 9/319)، (عقد الدرر في اخبار المنتظر، 1/7).

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *