Istighasah Santri untuk Mengenang Jasa Pahlawan

share to

Malam Sabtu (16/08), Pondok Pesantren Sidogiri mengadakan istighasah masal dalam rangka mengenang jasa para syuhada yang gugur membela Indonesia. Bertempat di Lapangan Pondok Pesantren Sidogiri, acara ini dihadiri oleh beberapa pengurus harian, guru dan seluruh santri Pondok Pesantren Sidogiri.
Dalam acara yang menjadi agenda Pondok Pesantren Sidogiri setiap tahun ini, Ust. Hamim Asy’ari, salah satu guru senior, ditunjuk untuk memimpin Yasin dan Tahlil. “Kita bisa menikmati (Kemerdekaan Indonesia. Red) karena perjuangan para Pahlawan, kami harap agar teman-teman santri khusyu’ dalam mengikuti pembacaan Yasin dan Tahlil pada malam ini.” Tutur beliau , sebelum pembacaan Istighasah dimulai.
Dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ust. HM. Masykur Dahlan, Kepala Madrasah Miftahul Ulum (MMU) Tsanawiyah. Kemudian diakhiri dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua II Pondok Pesantren Sidogiri, Ust. Saifulloh Muhyiddin.

     Ribuan santri memadati lapangan selatan Pondok Pesantren Sidogiri guna mengikuti  istighasah

“Kita sebagai santri, telah melaksanakan dan mematuhi apa yang telah diterapkan oleh pengurus. Ketaatan kita menentukan nasib kita.” Ungkap beliau mengawali sambutan. Beliau melanjutkan, “Tujuan Istighasah ini adalah untuk mengenang perjuangan tokoh-tokoh kita khususnya guru-guru kita, Masyayikh Sidogiri. Mereka telah membuktikan, bahwa dengan tekad yang besar, hanya dengan menggunakan bambu runcing kita bisa bebas dari penjajah.”

Ust Saifulloh Muhyiddin ketika menyampaikan sambutan pada santri

______
Penulis: Kanzul Hikam
Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net