Ulasan: Perpus Digital Hadir Dengan Tampilan Baru

share to

Selain koleksi kitab dan buku, Perpustakaan Sidogiri memberi fasilitas komputer untuk tingkat Aliyah dan Kuliah Syariah demi menambah wawasan terkait peristiwa, informasi, dan hiburan. Tim IT menyajikan empat belas unit komputer agar dapat meningkatkan daya tarik pengunjung ke Perpustakaan.

Baca juga: Mentoring ACS, Sejarah Berdarah Wahabi

Di samping itu, setiap orang memiliki durasi maksimal 25 menit per-shift demi menjaga kondisi perpus digital lebih efisien dan kondusif. “Aturan ini ditegaskan supaya menghindari antrian yang overload, dan agar lebih teratur,” jelas Ust. Latif Romadon, Ketua Tim IT Perpustakaan Sidogiri.

Baca juga: Masa Depan AMDK Santri

Selanjutnya, jam buka Perpus Digital tidak bersamaan dengan jam buka perpustakaan, untuk shift pagi dibuka dari jam 07.00-09.00 Wis pagi, 01.00-03.00 Wis siang. Khusus malam Selasa perpus digital ditutup dan dibuka kembali setelah musyawarah Kuliah Syariah. Selain itu, pengguna komputer hanya dari tingkatan Aliyah saja. Sesuai dengan peraturan pesantren.

Baca juga: Wisuda Istimewa ke-7, Ust Qusyairi Ismail Tekankan Akhlak Santri Idadiah

Penanganan Perpus Digital kali ini lebih terjaga secara maksimal. “Kami memberi penanganan khusus untuk komputer yang telah ditangani oleh ahlinya, supaya tidak kesulitan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” jelas pria asal Lumajang itu.

Tim IT menyajikan video-video menarik sesuai trending luar pesantren. Selain itu, terdapat tampilan baru seperti video hasil dokumentasi Pondok Pesantern Sidogiri di YouTube, dakwah-dakwah para dai. Namun, bukan hanya video saja, pengurus juga menyediakan kitab dalam bentuk PDF.

Baca juga:  Pelantikan Panitia Milad Pondok Pesantren Sidogiri ke-283

Meski demikian, pengurus senang melihat keadaan pengunjung yang memanfaatkannya “Mumpung ada kesempatan, gunakan sebaiknya. Selain menyimak video-video, ringankan tangan untuk membuka PDF kitab yang kami siapkan sebagai tambahan wawasan,” pungkasnya. (Bil/MKT)

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *