Tip Menulis dengan Indah dan Mudah

share to
Mas M. Syamsul Arifin Munawwir, M. Psi, M.H (kiri) dan Ust. Achyat Ahmad (kanan)

“Belakangan ini menulis sudah menjadi trend, banyak orang yang ingin menulis, bukan hanya ulama, para pakar dan tokoh yang banyak menulis, bahkan para remaja dan anak-anak juga menulis.” Demikian yang disampaikan Mas M. Syamsul Arifin Munawwir, M. Psi, M.H saat mengisi seminar Annajah Center Sidogiri pada Malam Senin (05/10) lalu. Pada seminar yang mengangkat tema “Menulis itu Indah dan Mudah” Mas Syamsul (sapaan akrab beliau) menjelaskan terkait cara menulis dengan baik sekaligus memberikan tip untuk memudahkan menulis dengan indah dan mudah.

Baca juga: Seminar ACS Angkat Tema Menulis itu Indah dan Mudah

Pertama-tama beliau menjelaskan kenapa kita perlu untuk menulis. Menurut beliau, dengan maraknya budaya menulis ini, berarti bangsa Indonesia semakin maju. Kemajuan suatu bangsa bisa diukur dengan maraknya budaya tulis menulis sehingga budaya mendengar berubah menjadi budaya membaca, “Benarlah ungkapan semakin maju suatu bangsa maka budaya lisan akan menjadi budaya tulisan, budaya mendengar akan beralih menjadi budaya membaca,” ungkap pria yang pernah menggondol Juara 1 karya ilmiah Konferensi Nasional Psikologi Islam NCIP 2015 Yogyakarta ini.

Mengenai alasan kenapa kita harus menulis, menurut eks, Pemimpin Redaksi (Pemred) Buletin Sidogiri (sekarang Sidogiri Media) ini, ada beberapa hal yang mengharuskan seseorang untuk menulis:

  1. Untuk membagi informasi, pengetehuan dan pemikiran
  2. Melakukan tugas akademis atau pekerjaan
  3. Sebagai media aktualisasi diri
  4. Sebagai media dakwah atau propaganda
  5. Untuk menambah penghasilan

Selain menjelaskan teori menulis artikel dengan baik, dalam seminar tersebut eks, Pemred Majalah Ijtihad ini juga memberikan beberapa tips agar bisa menulis dengan indah dan mudah sebagaimana yang telah penulis rangkum.


Tip menulis dengan mudah:

  1. Perlu banyak membaca sehingga banyak wawasan dan bahan untuk menulis
  2. Suka berdiskusi atau mendengarkan diskusi
  3. Biasakan menulis catatan harian
  4. Buat garis besar atau poin tulisan sebelum menulis
  5. Tulis mengalir, susun belakangan
  6. Tulis seperti tanya jawab atau wawancara
  7. Tulis deskriptif menjelaskan apa yang sudah ada, seperti mensyarahi kitab
  8. Menulis ringkasan
  9. Menulis dengan menggunakan aplikasi pengubah suara menjadi teks, ini adalah trik yang sangat memudahkan untuk penulis zaman sekarang

Tip menulis dengan indah:

  1. Ingat tujuannya, “Kita menulis itu untuk berbagi ilmu, inspirasi dan pemikiran, bukan untuk meluapkan emosi dan marah-marah. Ketika kita menyampaikan ilmu harus tenang dan menarik sehingga tulisan yang kita hasilkan akan indah,” terang beliau.
  2. Ingat bahwa menulis itu perbuatan ilmiah, harus sistematis, logis, menggunakan bahasa yang baku dan enak dibaca, bukan bahasa percakapan.
  3. Menulis dengan indah berarti berusaha menyentuh hati, atau menggugah akal. Agar tulisan kita indah kita harus memperhatikan bagaimana caranya agar hati pembaca bisa tersentuh, menerima dan tercerahkan dengan tulisan kita. Dan bagaimana agar akal pembaca tergugah, terbuka dan terpengaruh.
  4. Agar tulisan lebih berpengaruh, buatlah opening statement dan clossing statement yang menarik dan tak terlupakan.
  5. Tulisan yang indah dan tak telupakan itu biasanya mengandung hal yang inspiratif dan motivatif. “Kenapa tulisan-tulisan mas Dwy itu indah dan tak lekang oleh waktu. Karena di situ ada beberapa kalimat yang bisa langsung jadi kata-kata Mutiara. Kenapa Ketika kita baca Ihya’ itu terasa enak, karena di sana ada banyak dalil dan kata-kata mutiara,” pungkas beliau mengakhiri seminar yang sekaligus menjadi penutupan kegiatan ACS selama satu semester tersebut.

________

Penulis: Moh Kanzul Hikam

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Kanzul Hikam : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

2 Comments

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *