Pondok Pesantren Sidogiri Resmi Bentuk Lembaga Psikologi dan Bimbingan Konseling

share to

Pondok Pesantren Sidogiri membentuk lembaga khusus untuk meningkatkan kesejahteraan mental para santri dengan nama Lembaga Psikologi dan Bimbingan Konseling (LPBK).

Pelantikan pengurus LPBK dilaksanakan pada malam Rabu, 12 Shafar 1442 H, di Kantor Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri. Ust Saifullah Naji, Sekretaris Umum Pondok Pesantren Sidogiri beserta jajarannya hadir dalam pelantikan ini.P

Dalam sambutannya, beliau menceritakan sekelumit tentang latar belakang pembentukan LPBK, “Beberapa tahun lalu ada amanat dari Tim Perumus Pondok Pesantren Sidogiri untuk membuat konsep Lembaga Bimbingan Konseling.” Setelah pematangan konsep tersebut, Majelis Keluarga merestui dan meresmikan LPBK Sidogiri dengan Surat Keputusan Majelis Keluarga tertanggal 7 Dzulhijjah 1441 H/28 Juli 2020 M.

Mas Syamsul Arifin Munawwir, Kepala LPBK, menjelaskan bahwa psikologi dan BK dibutuhkan oleh berbagai lembaga pendidikan, termasuk lembaga pendidikan pesantren. “Seluruh Madrasah dan Daerah (asrama santri) di Sidogiri memiliki program untuk menangani santri indisipliner dengan bimbingan dan konseling. Dengan dibentuknya LPBK ini, semoga dapat membantu Sidogiri untuk mewujudkan program tersebut,” ungkap pria yang juga berkhidmah sebagai Ketua PP HMASS.

Staf pengajar MMU Aliyah ini juga memaparkan cara kerja LPBK. “Setiap bimbingan, konseling dan penanganan kasus akan ditangani secara berjenjang dan terpadu. Di Madrasah ditangani oleh wali kelas, lalu guru BK. Jika tidak tuntas, Kepala Madrasah merekomendasikan ke LPBK. Di Daerah ditangani oleh Kepala Kamar, lalu staf BK di Daerah. Jika tidak tuntas, Kepala Daerah merekomendasikan ke LPBK.”

Visi

Mewujudkan kesejahteraan mental pada seluruh santri, murid dan personalia Pondok Pesantren Sidogiri dengan mengutamakan pendekatan psikologi Islam.

Misi

  • Menyelenggarakan layanan psikologi yang berhubungan dengan pemahaman potensi, pemahaman masalah psikologis, penjurusan, pengembangan kepribadian, seleksi dan penempatan, serta rekrutmen SDI.
  • Menyelenggarakan layanan konseling dan terapi dalam upaya membangun kesejahteraan mental.
  • Menyelenggarakan layanan bimbingan dalam upaya peningkatan prestasi belajar.
  • Memberikan Pendidikan dan pelatihan yang behubungan dengan peningkatan prestasi belajar, pengembangan potensi dan kepribadian, pembekalan dan peningkatan kemampuan psikologi pada personalia Pondok Pesantren Sidogiri.

Susunan Pengurus LPBK:

Kepala: M. Syamsul Arifin Munawwir, M.Psi, M.H., Psikolog

Wakil Kepala I Bid. Asesmen & Tes Psikologi: M. Ali Wafa, S.Psi

Wakil Kepala II Bid. BK Daerah & Psikoterapi: M. Burhanuddin Rabbani, S.Psi

Wakil Kepala III Bid. BK Madrasah & Ruqyah: M. Fauzan Imron, S.Pd.I

Wakil Kepala IV Bid. Pendidikan dan Pelatihan: Nur Hasan

Admin: M. Malik Abdul Aziz

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

5 Comments

  1. Alhamdulillah, semakin profesional, penanganan santri, semoga smakin memberikan support bagi yg potensial untuk berkembang melalui konseling karer, dan juga bagi yg bermasalah psikhis. Jika diperlukan bisa bekerjasama dg lab psikologi

    Post a Reply
  2. Alhamdulillah, Pondok Sidogiri adalah salaf yang terus melangkah dalam segala sisi demi meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat santri. Semoga Pondok Pesantren Sidogiri semakin maju dalam rangka izzul islam wal muslimin.

    Post a Reply

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *