Evaluasi Anggota LPSI Demi Regenerasi

share to

Lembaga Penelitian dan Studi Islam (LPSI) Pondok Pesantren Sidogiri mengadakan evaluasi semester I untuk para anggota juniornya pada Jumat (07/04). Materi yang dievaluasikan adalah artikel yang telah disetorkan oleh masing-masing kelompok kajian kepada Pengurus LPSI. Juri dalam evaluasi kali ini Ust. Alil Wafa, Pemred Sidogiri Media dan Ust. Moh. Yasir Zuhri, Editor Sidogiri Media. Tujuan evaluasi ini untuk mengetahui hasil belajar para anggota kajian LPSI selama satu semester. Evaluasi ini bertempat di halaman gedung an-Nawawi.

“Evaluasi artikel ilmiah hanya untuk anggota junior. Evaluasi untuk anggota senior ialah membuat buku di akhir tahun nanti,” ujar Ridwan Syauqi, TU Kuliah Syariah. Ia berharap dengan adanya evaluasi ini muncul penulis hebat dan handal.

Ust. Arbi Syarbini, Naib I Kuliah Syariah mengatakan, “Acara ini acara yang santai, tetapi wajib diikuti.” Meski evaluasi ini untuk anggota junior, tetapi anggota senior pun tetap wajib mengikuti acara ini.

Sistem yang digunakan dalam evaluasi ini adalah sistem presentasi di mana setiap delegasi masing-masing Forum Kajian (FK) maju dan mempresentasikan artikel ilmiahnya. Kemudian juri akan mengujinya dengan melontarkan pertanyaan seputar artikel yang dipresentasikan, lalu dijawab oleh peserta. Kadang para juri juga memberi masukan atau sekedar komentar pribadi perihal karya peserta tersebut.

Setelah semua para peserta selesai dengan karya ilmiahnya para anggota LPSI juga diperkenankan untuk ikut mengkritisi karya yang telah dipresentasikan. Hasil karya ilmiah FK Muamalah Junior mendapat kritikan pedas dari Ahmad Muhajir, Anggota FK Sejarah Junior. Namun, Khoiron Rofiq, Ketua FK Muamalah Junior tetap bisa mementahkan pertanyaan tersebut dengan argumentasi yang kuat.

Para peserta sangat puas dengan adanya evaluasi ini. “Acara ini sangat seru! Banyak karya ilmiah yang berbobot dan menarik,” ujar salah satu anggota Muamalah Junior yang tidak mau disebutkan namanya.

Penulis: Iwanulkhoir

Editor: Moh Kanzul Hikam

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *