Perpustakaan Mini Sebagai Penunjang Kualitas Intelektual Santri

share to

Pepatah mengatakan, “Jika engkau ingin mengenal dunia, maka membacalah.” Benar, membaca adalah gerbang ilmu. Dengan membaca kita mampu melengkapi perbendaharaan intelektual kita. Pondok Pesantren Sidogiri mengamini hal tersebut dengan membangun perpustakaan mini di beberapa titik area pesantren. Di antaranya sebagai berikut:


Perpustakaan Mini Masjid Jamik Sidogiri


Masjid Jamik Sidogiri termasuk lokasi strategis yang sering ditempati santri. Oleh karena itu, pengurus menganggap bagus jika diadakan perpustakaan mini. Letak perpustakaan mini di Masjid Jamik Sidogiri ada di bagian utara masjid. Dalam tahap percobaan, koleksi yang diterbitkan masih fokus pada kitab-kitab nuansa klasik. Inovasi diterbitkannya perpustakaan mini di Masjid Jamik Sidogiri adalah buah pemikiran Ketua I Pondok Pesantren Sidogiri, Mas. Aminulloh Bq, yang sekaligus menjabat sebagai takmir Masjid Jamik Sidogiri.


Perpustakaan Mini Daerah Arab


Daerah khusus bahasa Arab dan Inggris (Daerah K dan B) adalah daerah berbasis bahasa, yang tentunya membutuhkan referensi lebih. Pengurus LPBAA kemudian menerbitkan beberapa kitab, buku, dan kamus dalam jumlah banyak. Lokasi perpustakaan mini ini ada di depan kamar K-04 dengan ukuran yang cukup besar. Selain dilengkapi dengan koleksi yang beragam, pengurus juga mengadakan penghargaan untuk pustakawan terbaik setiap bulannya.


Perpustakaan Mini Daerah Tahfidzul-Mutun


Daerah O yang fokus pada hafalan matan (kumpulan beberapa nazam kitab) dari berbagai karya ulama juga menerbitkan kitab-kitab klasik yang kebanyakan temanya adalah seputar kajian Fikih. Berjilid-jilid kitab juga dijumpai di perpustakaan mini milik Daerah pencetak huffazhul-mutun (para pengahafal kitab matan), seperti kitab karya Imam Nawawi, Syarhul- Muhadzdzab tidak ketinggalan melengkapi rak perpustakaan mini ini. Lokasi yang dipilih adalah lantai III Daerah O, tepatnya di pojok bagian utara Daerah.

Penulis: Muhammad Faqih

Editor: Nur Hudarrohman

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.