Pembagian Hadiah IMDA I Ibtidaiyah, Ust. Muntahal; Hormati Ilmu

share to

Ust Muntahal Hadi, Kepala Madrasah Miftahul Ulum Ibtidaiyah saat mengisi di suatu acara Annajah

Malam Senin (18/11), Madrasah Miftahul Ulum (MMU) Ibtidaiyah Pondok Pesantren Sidogiri gelar acara pembagian hadiah Imda I (Imtihan Dauri) di gedung SEC (Sidogiri Excellent Corp) lantai tiga.

Baca juga:  Kuliyah Syariah Gelar Kajian Tafsir Bersama Gus Baha

Dalam acara tersebut, Ust. Muntahal Hadi selaku Kepala MMU Ibtidaiyah menyampaikan beberapa hal terkait akhlak seorang murid terhadap gurunya. Menurut beliau, salah satu yang menyebabkan ilmu manfaat barakah adalah adanya sifat hormat dalam jiwa seorang murid.

Lebih jelasnya, beliau menyebutkan tiga macam bentuk penghormatan seorang murid atau pelajar yang dapat memudahkannya menjadi murid yang manfaat ilmunya. Diantaranya adalah hormatnya murid terhadap ilmu, yakni apabila ada ilmu yang sedang disampaikan, maka seorang murid harus mendengarkan dengan baik.

Baca juga: Beberapa Proyek Pondok Pesantren Sidogiri

Yang kedua, hormatnya murid terhadap kitab. Beliau mempraktekkan bagaimana caranya membawa kitab yaitu dipeluk di dada.

“Dalam membawa kitab, kita tidak boleh membawanya dengan cara diteng-teng tetapi bawalah dengan diletakkan di dada, itulah salah satu bentuk hormat kita terhadap kitab”, jelas Ustadz yang berkacamata ini.

Dan terakhir yang ketiga adalah hormatnya murid terhadap yang mempunyai ilmu dan mengamalkannya dalam hal ini berarti guru.

Selain itu, beliau juga memotivasi kelas 6 untuk mempersiapkan ujian akhir tahun nanti dengan baik.

Baca juga: Launching Mushaf al-Miftah

“Intinya, untuk kelas yang akan menghadapi Imtihan Nihai (IMNI) agar muthalaah-nya ditambah. Yang biasa satu jam jadi dua jam dan seterusnya.” Pesan Ust. Muntahal Hadi dengan semangat.

Beliau sangat mengharapkan murid-murid Ibtidaiyah bisa lebih baik lagi di IMDA yang kedua nanti.

 

===

Penulis: Musafal Habib

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *