Wisuda Istimewa: Idadiyah Berjaya Mencetak Ribuan Ahli Nahwu

share to

Malam Kamis (21/10), Madrasah Idadiyah menggelar acara Wisuda Istimewa yang ke-9. Bertempat di barat gedung an-Nawawi. Wisuda kali ini dihadiri oleh Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, K.H. Fuad Noerhasan, Ketua I, M. Aminulloh Bq, Koordinator Idadiyah, Ust. Qusyairi Ismail, Ketua III, HM. Abd. Djalil Kamil, Kepala Batartama, H. Abd. Qodir Ghufron dan semua murid Idadiyah.

Terdapat 111 murid yang lulus dan berhasil diwisuda istimewa tahun ini. “Dari 500-an peserta calon wisudawan, hanya mereka yang berjaya bertahan dari berbagai tahapan. Mulai dari tes tulis, tes lisan dan tes kelayakan wisuda yang dinilai langsung oleh Koordinator Idadiyah,” kata Ust. Moh. Rifqi Al-Mahmudy selaku Kepala Madrasah (KM) Tarbiyah Idadiyah.

Dalam kesempatan ini K.H. Fuad Noerhasan berkenan mengalungkan surban kepada para wisudawan. Di samping itu, dalam sambutannya, KM Idadiyah menyampaikan bahwa sampai saat ini metode al-Miftah sudah menuai hasil yang memuaskan. Dalam masa 9 tahun, murid yang diwisuda sudah mencapai 8459 dan yang diwisuda Istimewa sudah 429 murid (termasuk yang sekarang). “Ini adalah angka yang mengembirakan,” ujar Gus Rifqi sapaan akrabnya.

KM Idadiyah berharap agar upaya ini terus dijaga dan terus ditingkatkan. “Jangan sampai timbul istilah mantan wisudawan al-Miftah,” semangat staf pengajar Aliyah tersebut dalam sambutannya.

Penulis: Nabil bin Syamsi

Editor: Moh. Kanzul Hikam

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *