BeritaUnggulan

Seminar “Tip Memengaruhi Pembaca dengan Tulisan” bersama Ust. Ahmad Dairobi

Pada malam Jumat (30/12), pengurus Badan Pers Pesantren (BPP) mengadakan acara Orientasi Insan Pers dengan tema Memengaruhi Pembaca dengan Tulisan. Acara ini digelar di ruang auditorium kantor sekretariat lt. II. Narasumber yang dipilih untuk mengisi acara ini adalah Ust. Ahmad Dairobi, sosok yang tersohor dengan kepiawaian dalam menulis dan hingga sekarang masih aktif sebagai redaktur senior Sidogiri Media.

Ust. Ahmad Dairobi memaparkan bahwa faktor tulisan yang dapat memengaruhi pembaca ialah faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal ini meliputi profil penulis dan profil pembaca.

“Setelah pembaca mengetahui siapa penulisnya, maka apa yang dibaca akan mudah memberi pengaruh kepada mereka, sebab ada faktor yang dominan, yaitu profil penulis. Setiap ada faktor yang dominan itu akan memengaruhi dan memudahkan untuk memberikan nila-nilai,” tegas beliau.

Selain itu, ada faktor internal, yaitu penulis melihat siapa pembacanya. Setelah itu barulah penulis memulai merangkai kata-kata dan memainkan logika.

Di samping itu, beliau menjelaskan kepada peserta bahwa kekuatan tulisan bisa memberi pengaruh atau dampak bila mendominasi.

“Saya sering berbaur dengan mahasiswa. Kenapa mahasiswa banyak yang berpikiran liberal, karena mereka banyak disuguhi buku liberal, sebab jika mereka memakai teori ulama seperti Imam Syafii atau Imam al-Ghazali maka mereka akan dianggap terbelakang serta tidak rasional,” ungkap pria kelahiran Bangkalan ini.

“Mereka terlihat rasional karena mereka hanya menilai satu aspek permasalahan. Tidak seperti ulama kita yang membahas dari semua aspek keagamaan,” imbuhnya.

Penulis: Ulil Abshor

Editor: Nur Hudarrohman

Shares:
Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *