Bahtsul MasailUnggulan

Bolehkah Menghias Kuburan

Deskripsi masalah :
TRIBUNSOLO.COM – Biasanya komplek pemakaman terkesan angker dan menampakkan suasana suram, tetapi kuburan di Kota Madiun ini malah berwarna cerah.

Di salah satu blok makam nampak dicat warna merah muda, di sisi lainnya ada yang warna hijau toska, ada pula yang berwarna ungu. Warga di sekitar Tempat Pemakaman Umum (TPU) di RW 05, Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun ini sengaja mengecatnya dengan warna-warni. TPU yang dikenal dengan sebutan Makam Nguwot ini viral di media sosial karena dicat warna-warni. Bukan tanpa alasan, makam ini dilombakan dalam lomba kebersihan makam yang digelar Dinas Pertamanan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun.

“Kami bersama-sama mengecat makam ini untuk menghilangkan kesan seram, sekaligus untuk dilombakan dalam lomba kebersihan makam, sehingga kami berinisiatif untuk menghias makam ini,” kata pengurus Makam Nguwot, Gunawan, saat ditemui di lokasi, Sabtu (27/6/2020) pagi.

Gunawan menuturkan dibutuhkan cat sebanyak 50 liter, untuk mengecat seluruh makam dan area di sekitar makam. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk menghias makam, sekitar sebulan. Tidak hanya dicat, agar semakin indah, warga juga menanam beraneka bunga di sekitar makam. Pengecatan makam, kata Gunawan, sudah mendapat izin dari keluarga ahli waris. Bahkan, keluarga atau ahli waris makam turut serta membantu mengecat.

“Kami sudah meminta izin kepada ahli waris, mereka juga ikut membantu mengecat,” katanya. Setelah dicat, kata Gunawan, makam ini ramai dikunjungi warga terutama anak-anak yang ingin berfoto di lokasi. Pada malam hari, makam ini juga mendapat penerangan lampu yang terang sehingga tampak tidak angker. Apa yang dilakukan warga di Kelurahan Tawangrejo ini tidak sia-sia. Makam Nguwot berhasil menjadi juara pertama lomba kebersihan makam.

Pertanyaan:
Apa hukum mewarnai dan menghias makam dengan tujuan supaya tidak terkesan menyeramkan?

Jawaban:
Hukum mengecat kuburan sebagaimana dalam deskripsi di atas, perlu mempertimbangkan dua hukum asal;

a. Menghias kuburan berhukum makruh.
b. Membangun kuburan di kuburan umum berhukum haram, kecuali ada tujuan memuliakan shahibul maqbarah yang memiliki keistimewaan di sisi Allah, seperti para wali dengan tujuan ta’zhim dan kenyamanan orang yang berziarah.

Dengan mempertimbangkan dua hukum asal di atas, hukum mengecat kuburan sebagaimana dalam deskripsi adalah haram, sebab mengikuti haramnya membangun di atas kuburan umum, maka mengecatnya termasuk melakukan idha’atul mal (menyia-nyiakan harta), yang tidak ada ghardh syar’i (tujuan syara’). Walaupun hukum asal menghiasi kuburan adalah makruh, namun karena yang dihiasi adalah hal yang haram dilakukan, maka juga berhukum haram.

Referensi:
الفقه الإسلامى وأدلته – 2 / 666

يكره تجصيص القبر والبناء، والكتابة عليه والمبيت عنده، واتخاذ مسجد عليه، وتقبيله والطواف به وتبخيره، والاستشفاء بالتربةمن الأسقام، وكذا يكره التطيين عند الحنفية والمالكية. أما التجصيص: أي التبييض أي الطلاء بالجص وهوا لجبس،

ومثله تزويقه ونقشه، والبناءعليه كقبة أو بيت، فمكروه للنهى عنهما فى صحيح مسلم الآتى. وإن كان البناء على القبر للمباهاة أو فى أرض مسبلة )مخصصة للدفن بحسب العادة ( أو موقوفة، فيحرم ويهدم، لأنه فى حالة المباهاة من الإعجاب والكبر المنهى عنهما، وىف الموقوفة والمسبلة، فلما فى ذلك من التضييق والتحجير على الناس

السراج الوهاج – 0 / 009

قال السبكى الكبير فى الحلبيات الضابط فى إضاعة المال أن لا يكون لغرض دينى ولا دنيوي فإن انتفيا حرم قطعا وأن وجد أحدهما وجودا له بال واكن الإنفاق لائقا بالحال ولا معصية فيه جاز قطعا وبين الرتبتين وسائط كثيرة لا تدخل تحت ضابط. فعلى المفتى أن يرى فيما تيسر منها رأيه وأما ما لا يتيسر فقد تعرض له فالإنفاق فى المعصية حرام كله ولا نظر إلى ما يحصل فى مطلوبه من قضاء شهوة ولذة حسنة

قواعد الأحكام فى مصالح الأنام – 0 / 49

المثال السادس والثلاثون: التقرير على المعاصى كلها مفسدة لكن يجوز التقرير عليها عند العجز عن إنكارها باليد واللسان، ومن قدر على إنكارها مع الخوف على نفسه كان إنكاره مندوبا إليه ومحثوثا عليه، لأن المخاطرة بالنفوس فى إعزاز الدين مأمور بها كما يعذر بها فى قتال المشركين، وقتال البغاة المتأولين، وقتال مانعى الحقوق بحيث لا يمكن تخليصها منهم إلا بالقتال

الفتاوى الفقهية الكبرى 7 / 088

وسئل هل يحرم المرور فى سوق الصاغة فأجاب نعم يحرم كما صرح به النووي وابن عبد السلام وغيرهما والكلام فى المرور حال المعاملة المحرمة كالربا لا مطلقا لأن ملحظ الحرمة كما هو ظاهر الإقرار على المعصية وهو حرام بدليل قولهم يحرم الجلوس مع الفساق ولا شك أن المرور على المتبايعين من غير حاجة فيه إقرار لهم على المعصية ويؤيده أيضا قول ابن الرفعة وغيره يحرم المرور أيام الزينة وملحظه ما فيه من التقرير على المعصية ومما تقرر علم أن ذكر الصاغة مثال وإلا فمحل كل معصية كذلك

*Hasil Keputusan Bahsul Masail Wustha (BMW) ke-65 Pondok Pesantren Sidogiri. Penanya dari Pondok Pesantren PP. Al-Anwar, Sarang, Jawa Tengah.

Shares:
Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *