Friday Forum ACS Bahas Toleransi

share to

Dalam perjalannya untuk mencetak kader-kader Ahlusunah wal Jamaah, Annajah Center Sidogiri (ACS) memiliki kegiatan tahunan yang bernama Friday Forum, acara bincang akidah dalam bentuk talkshow. Friday Forum pertama kali diadakan pada 13, September 2018 lalu. Kini, Friday Forum akan dilaksanakan besok pada malam Jumat (23/1) dengan tema “Toleransi”.

Laporan: Moh. Kanzul Hikam

Friday Forum adalah acara bincang akidah yang berada di bawah naungan ACS, yang bertujuan untuk mengkader dan mengasah bakat santri dalam hal menguji keabsahan argumen, serta mengkaji problem kekinian yang tidak seirama dengan ajaran akidah Ahlusunah wal Jamaah.

Friday Forum ACS
Friday Forum adalah acara yang menjadi agenda tahunan ACS sejak 2018

Friday Forum pertama kali diadakan pada 13, September 2018 yang bertempat di lantai dasar Mabna al-Ghazali. Tahun ini Friday Forum akan dilaksanakan pada Malam Jumat, 28 Jumadal Ula 1441 H atau 23 Januari 2020 M, dengan tema “Toleransi”.

Baca juga: Friday Forum: Wadah Penerapan Ilmu yang Diperoleh Selama Satu Semester

“Acara ini sebenarnya tidak meliki anggaran khusus, hanya saja pengurus ACS berinisiatif untuk mengadakannya dengan menggunakan dana dari sisa anggaran ACS yang masih ada,” ungkap Ulin Nuha, sekretaris acara Friday Forum. Diadakannya Friday Forum ini ditujukan untuk menjadi salah satu simbol kesuksesan ACS dan melatih kecakapan peserta untuk menyampaikan argumentasi yang sesuai dengan akidah Ahlusunah, serta menjadi wadah penerapan ilmu yang telah didapatkan selama satu semester bagi anggota ACS.

Acara ini diikuti oleh:

  1. Dua orang utusan dari ACS Semester II, IV dan LITBANG (penelitian dan pengembangan).
  2. Annajah Tsanawiyah I, II dan III, (Masing-masing dua orang).
  3. Dua orang delegasi dari Lembaga Penelitian Studi Islam (LPSI) Forum Kajian (FK) Sejarah, FK Tafsir, dan FK Hadis.
  4. PP. Dalwa.
  5. PP. Sunnniyah Salafiyah.
  6. PP. Besuk.
  7. Dalwa Insitute.

Sistem pelaksanaan Friday Forum adalah para peserta mempresentasikan pendapat masing-masing sesuai dengan tema yang diberikan panitia, kemudian pendapat masing-masing delegasi akan didiskusikan bersama. Setiap delegasi diharuskan menyetorkan naskah artikel dengan tema “Toleransi”, maksimal 3000 karakter dengan spasi.  

Beberapa hari sebelum acara, panitia menyebarkan beberapa selebaran berisi beberapa poin yang akan dibahas pada malam Jumat nanti. Tujuannya agar persiapan yang dilakukan para peserta talkshow dari masing-masing semester, baik semester II, IV, anggota Litbang dan tamu undangan dari beberapa pesantren semakin matang.  

share to

Kanzul Hikam : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *