Ketika Imda Diganti Semester

share to
Siap: Murid MMU Tsanawiyah ketika hendak memasuki ruang ujian.

Sejak Rabu (14/10), semua murid MMU Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah menghadapi semester ganjil tahun ajar 1441-1442 H. Ujian yang dilaksanakan dalam tempoh 2 minggu ini akan berakhir pada Selasa (27/11) mendatang.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ajar kali ini, imtihan dauri (Imda) untuk MMU Ibtidaiyah dan Tsanawiyah diganti dengan semester dengan alasan KBM madrasiyah yang molor hampir dua bulan disebabkan pandemi Covid-19.

“Sekalipun tahun ini namanya semester (setengah tahun), jam wajib KBM-nya lebih banyak Imda tahun-tahun sebelumnya, karena MMU Ibtidaiyah masuknya paling terakhir (tanggal 4 Dzulhijjah) sehingga waktu KBM-nya lebih banyak Imda I tahun kemarin. Oleh karena itu, kami mengusulkan untuk semester I batas ujian mengikuti batas Imda I. Hal ini disetujui oleh Ketua I PPS dan sudah diinformasikan ke LABSOMA,” jelas Ustaz Ahmad Muntahal Hadi, Kepala Madrasah Ibtidaiyah.

Baca Juga: Pelatihan Akreditasi Online MMU Ranting Tsanawiyah

“Adapun batas makna tetap mengikuti ketentuan dari Ketua I PPS, yaitu untuk semester I adalah pelajaran di Imda I ditambah sepertiga dari Imda II. Hal inilah yang menjadi pembeda antara Ibtidaiyah dan Tsanawiyah,” tambah santri asal Gili Ketapang, Probolinggo ini.

Sementara itu, Ustaz HA Masykur Dahlan, Kepala Madrasah Tsanawiyah mengatakan, “Untuk ujian tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Hanya batas ujian diubah. 40% materi pelajaran untuk semester ganjil dan 60% untuk semester kedua.”

“Fan Nahwu dan Kaidah Fikih untuk tahun ini juga tidak memakai sistem terapan (menjawab pertanyaan kasuistik). Untuk tahun ini saja, ya,” tambah sosok yang pernah menjabat sebagai Ketua Milad 279 ini.

Madrasah Ranting

Tenang: Pelaksanaan semester di Ranting B-48 Sumber Kejayan Mayang Jember

Sementara itu untuk MMU Ranting, dua KM di atas memiliki kebijakan berbeda. “MMU Ibtidaiyah Induk selesai tanggal 10 Rabiul Awal sedangkan di Ranting selesai tanggal 09 Rabiul Awal, karena pelajaran lebih sedikit (tidak ada pelajaran Falak di MMU Ranting, red),” jelas Ust Muntahal Hadi.

Adapun terkait Ranting Tsanawiyah, Ust Masykur menjawab, “Untuk tahun ajar ini, ujian Ranting Tipe A dipusatkan di empat rayon, yaitu Ranting A-01 Lebaksari, Ranting A-06 Karanganyar, A-18 Kangkungan dan A-62 Karang Panas.”

Sebagai tambahan informasi, ujian Ranting Tsanawiyah Tipe A tiap tahun biasanya diletakkan di Pondok Pesantren Sidogiri, sedangkan untuk tahun ini tidak demikian sebab mengantisipasi penyebaran covid-19 di kalangan Pondok Pesantren Sidogiri.

Penulis: Muhammad Ilyas

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *