Tuntaskan 38 Lagu Berbahasa Arab di Tahun Ajaran Baru

share to

Lembaga Pengajaran Bahasa Arab dan Asing (LPBAA) ajaran 1443-1444 H telah berhasil merampungkan 38 karya lagu berbahasa Arab yang diserap dari lagu Indonesia. Program ini dikoordinir langsung oleh Ketua Tim Kurikulum LPBAA, Muhammad Wildan Husain. Pengumpulan karya ini bertujuan untuk memancing minat santri dalam mempelajari bahasa Arab.

Ada dua faktor munculnya ide ini, pertama, karena menurunnya minat dan semangat santri dalam mempelajari bahasa Arab. Kedua, semakin banyaknya permintaan madrasah ranting yang berafiliasi ke Sidogiri untuk dibuatkan materi praktis bahasa Arab. Kondisi inilah yang kemudian menuntut Tim Kurikulum LPBAA untuk lebih meningkatkan kreatifitas lagi.

Menurut Ketua Tim Kurikulum LPBAA yang saat ini aktif di Lajnah Murajaah Fiqhiyah (LMF) Sidogiri, adanya lagu-lagu yang ditampilkan dalam meja pembelajaran bahasa Arab sangat efektif dan memberikan dampak positif yang signifikan. Dan sistem semacam ini telah lama diterapkan oleh MMU Idadiyah Pondok Pesantren Sidogiri.

Secara global, karya ini terdiri dari dua bagian; pertama, lagu untuk penyemangat. Kedua, mufradat (kosa-kata) yang dilagukan. Sedangkan sistem penyusunannya berurutan sesuai bab yang ada.

Ust. Mahbub Shonhaji selaku Ketua LPBAA menyambut ide ini dengan acungan jempol. Beliau juga menyarankan agar lagu-lagu yang rampung digarap dikumpulkan dalam satu buku, supaya lebih praktis.

Dari apresiasi ini Tim Kurikulum LPBAA mulai mengumpulkan naskah-naskah lagu, baik lagu Indonesia yang diterjemahkan ke dalam bahasa Arab, atau pun lagu yang hanya mengadopsi tangga nada dengan lirik yang berbeda. Di antara karya ini juga terdapat lagu yang memang murni berasal dari Timur Tengah.

Butuh waktu satu bulan untuk merampungkan karya tersebut beserta koreksinya. Lagu-lagu ini kemudian direkam dan dijadikan file audio untuk memudahkan pembelajaran bagi guru-guru baru.

Hematnya, cara ini bisa mengaktifkan otak kanan pelajar, dalam artian bisa hafal tanpa menghafalkan.

Penulis: Muhammad Fakih

Editor: Nur Hudarrohman

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *