share to

Ubudiyah

Sebagai lembaga yang bercita-cita mencetak ibâdillâh ash-shâlihîn, Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) mempunyai komitmen kuat untuk mendidik moral-spiritual santrinya. Bidang inilah yang menjadi tugas bagian Ubudiyah. Intansi ini bertanggung jawab dalam bidang ibadah santri, dengan mengadakan pelatihan, bimbingan dan pengawasan ibadah, serta penyadaran moral-spiritual santri. Sebagai upaya membentuk perilaku dan karakter santri yang berlandaskan pada niliai-nilai ubudiyah yang telah diajarkan oleh para ulama salafush-Shâlih, sesuai dengan ajaran Ahlusunah wal Jamaah.

Program Ubudiyah

  1. Pendidikan dan Pelatihan Ibadah

Ubudiyah melaksanakan pelatihan dan pembinaan seputar ibadah santri sebagai berikut:

  1. Pendidikan shalat yang dikenal dengan Diklat. Menggunakan materi shalatuna yang berasal dari kitab Kaifiyatus Shalat dengan beberapa penambahan.
  2. Pelatihan ibadah. Pelatihan ibadah meliputi manasik Haji, Tajhizul Mayyit dls.
  • Memberikan Penyadaran Moral-Spiritual

Dilakukan secara lisan atau disebut Dakwah Keliling (DKL) dengan cara berpidato di Daerah-Daerah dengan target pendengar murid kelas V Ibtidaiyah ke bawah dan seluruh murid Istidadiyah. Dan di masjid bagi murid kelas VI Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Kegiatan ini dilaksanakan pada malam Selasa dua pekan sekali. Materi utama yang disampaikan menyangkut ibadah dan adab dalam menjaga moral dan spiritual santri.

  • Mengkoordinir Pendidikan Rohani

Pendidikan rohaniah para santri dikoordinir oleh bagian Ubudiyah secara kontinyu dan istikamah, seperti shalat maktubah dan shalat sunnah yang disunnahkan berjemaah, riyâdhah bâthiniyah (istigasah), pembacaan salawat, serta pembacaan wirid dan zikir lainnya baik yang dilakukan setelah salat magrib, tengah malam (nishful-lail), dan setelah salat Subuh secara kolektif dan terpimpin.

  • Merawat Masjid Jamik Sidogiri dan Makam Masyayikh

Sementara petugas yang menangani masalah kebersihan, perawatan masjid, dan pesarean disebut PMM (Perawatan Masjid dan Makam). Bagian ini bertugas secara rutin dan terjadwal terhadap semua hal yang berkaitan dengan kebersihan masjid dan makam. Petugas ini juga bertugas sebagai tim akomodasi di setiap kegiatan yang menjadi bagaian urusan Ubudiyah, semisal penyedia terpal dan terop dalam pelaksaan shalat Jumat yang jamaahnya dipastikan meluber sampai timur gerbang utama pesantren.

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *