Santri Bantu Tugas PMM

share to

Sidogiri.net – Pengurus Pondok Pesantren Sidogiri bagian Ubudiyah menetapkan program baru, yakni setiap daerah mengirimkan beberapa warganya turut membantu tugas PMM (perawatan makam dan masjid). “Jadi ada semacam piket kebersihan bagi warga daerah dengan sistem tertentu yang telah di tetapkan”. Ujar Ustadz Muzammil selaku kepala bagian Ubudiyah (Kabag).

baca juga: Alur Proses Registrasi Online Santri dan Murid Baru

Kegiatan ini terbagi manjadi dua kelompok yang dikoordinasi langsung oleh bagian Ubudiyah Pondok Pesantren Sidogiri. Kelompok pertama yaitu pukul 06:00-selesai (pagi). Sedangkan kelompok yang lain pada pukul 01:00-selesai (siang). Setiap daerah wajib mengirimkan warganya minimal 20 anak untuk melaksanakan kewajiban ini. Kegiatan ini dimulai sejak hari jumat 17 Dzul Hijjah 1441 H.

Sedangkan PMM tetap ada. Hanya saja personilnya dikurangi, karena meninjau setiap daerah telah mengirimkan warganya untuk turut andil dalam berkhidmah. “kalau mengenai PMM itu sendiri tetap ada, hanya saja kami kurangi”. Tutur beliau ketika ditanyakan mengenai isu bahwa PMM akan dihapus.

Harapan pengurus, semoga dangan adanya program ini santri yang lain juga bisa merasakan khidmah di Pondok Pesantren Sidogiri sekalipun hanya membersihkan masjid dan makam (pesarean). Disamping juga menjaga kebersihan dan kesehatan bersama, juga bisa dihitung ibadah dengan niat taat pada peratura.

________

Penulis: Nur Hudarrohman

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *