BeritaUnggulan

Studi Banding Perpustakaan Al-Mubarok Sampang, Korek Administratif Perpustakaan Sidogiri

Perpustakaan Sidogiri menerima kunjungan dari Pondok Pesantren Al-Mubarok Lanbulan, Sampang, Madura. Peserta yang berjumlah 8 orang ini tiba sekitar pukul 04.00  WIs dan disambut oleh Wakil II Perpustakaan, Ust. Fawaid, Wakil III Perpustakaan, Ust. Quddus Zainal dan Tata Usaha (TU) Perpustakaan, Ust. Abdul Latif Romadhoni. Kegiatan ini bertempat di ruang dokumentasi dan arsip (dokusip) Perpustakaan Sidogiri.


Studi banding ini bertujuan untuk meningkatkan administratif perpustakaan yang akan diterapkan di Pesantren Al-Mubarok Lanbulan, Sampang.
“Kedatangan mereka dalam rangka studi banding ke Perpustakaan Sidogiri untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang tata kelola Perpustakaan Sidogiri yang akan diterapkan di pesantren mereka,” kata TU Perpustakaan, Ust. Abdul Latif Romadhoni.
Perpustakaan Sidogiri dikelola secara profesional. Semua diatur menurut tata cara pengelolaan perpustakaan yang baik, mulai dari pengadaan koleksi, klasifikasi koleksi penataan, perawatan, hingga perbaikan koleksi.

Dalam meningkatkan pengembangan dan menarik minat baca, pengurus memiliki beberapa cara, di antaranya: konsultan ilmiah, yaitu layanan konsultasi bagi pemustaka kepada konsultan ahli; magang pustakawan bertujuan untuk menambah wawasan santri di bidang kepustakaan dan perpustakaan secara mendalam; media infomasi berupa majalah dinding (mading); dan laboratorium keilmuan untuk melakukan kajian di perpustakaan sebagai penopang pengembangan keilmuan mereka.

Penulis: Muhammad Noval

Editor: Nurhudarrohman

Shares:
Show Comments (3)

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *